SELAMAT DATANG DI TIP DAN TRIK MAS WAHYU


Rabu, 09 Februari 2011

CARA KLONING INSTAL CEPAT WINDOWS XP episode 1




Trik ini saya peroleh dari http://ayomaju.com/  Tapi Cara ini tidak disarankan untuk pengguna PC atau laptop pribadi, maksudnya cara install windows dibawah ini sebaiknya tidak digunakan untuk komputer yang digunakan sendiri, karena seringkali banyak hasil file yang dimasukkan corrupt.

Teknik dibawah biasanya digunakan untuk menghemat waktu bagi penjual komputer, biasanya adalah komputer second rakitan, nah lo, sudah second hasil rakitan lagi, biasanya komputer ginian memang hasil dari mengumpulkan komponen-komponen komputer rusak yang masih bisa bekerja, kemudian digabungkan dan jadilah komputer lain yang bisa berfungsi.

Harganya bisa murah tentu saja dan karena murah maka penjualnya akan malas melakukan install windows secara biasa, maunya cepat dan bisa bekerja. Cara install windows cepat ini sering disebut dengan ghost-ghost-an karena memang biasanya menggunakan Norton Ghost dari symantec. Intinya kita melakukan kloning pada partisi hardisk dimana sistem operasi diinstall di sebuah komputer. kalau ada komputer baru, hasil kloningnya ini yang dicopy ke hardisknya. Jadi bukan instalasi windows standar.

OK mari kita mulai cara install windows cepat.

Dengan melakukan kloning terhadap harddisk, kita tidak perlu melalui proses instalasi yang panjang. Kita hanya perlu menyalin dari hasil kloning (dari instalasi komputer lain) dan PC pun bersistem operasi lagi. Supaya hasil kloning berupa sistem operasi yang masih segar, lakukan kloning sesaat setelah Anda selesai meng-install sistem operasi dan berbagai driver. Program-program lain sebaiknya belum di-install. Jika ingin istalasinya lebih umum, maka driver tidak perlu diinstall dulu, agar bisa cocok untuk semua jenis perangkat dan merk komputer, drivernya diinstal manual saja.

Inti dari kloning harddisk adalah menyalin isi seluruh harddisk ke media lain, bisa ke harddisk lain, CD, DVD, atau harddisk eksternal. Dengan melakukan kloning, Anda akan mendapatkan isi CD-R sama persis dengan isi harddisk.

Kita butuh beberapa parangkat untuk melakukan kloning. Pertama adalah software untuk kloning. Salah satu yang bisa digunakan adalah Norton Ghost dari Symantec. Kita juga butuh CD-writer, CD start-up, dan 2 disket floppy 1, 44 MB.

Simpan ke CD

Karena kita akan melakukan kloning terhadap sistem operasi, drive yang berisi sistem operasi yang akan dikloning, biasanya drive C. Namun, bisa saja sistem operasi ada di drive lain, misalnya karena ada lebih dari satu sistem operasi dalam PC.

Kali ini, Tip dan Trik Mas Wahyu akan melakukan kloning terhadap drive C yang berisi sistem operasi Windows dengan ukuran partisi sebesar 400 MB.
  1. Jalankan Norton Ghost
  2. Anda akan menjumpai tampilan Ghost Basic. Pilih opsi pertama, yaitu Backup.
  3. Klik Next.
  4. Dalam opsi Source pilih pilih drive C. Dalam opsi Destination pilih Recordable CD or DVD Setelah      itu, klik Next > OK.
  5. Tekan tombol Next, teruskan klik Next sampai muncul Continue, klik Continue, lalu klik Run Now, dan terakhir klik OK.

Windows akan restart dan Norton Ghost pun melakukan back-up. Kini Anda memiliki 1 CD yang merupakan image dari drive C Anda. Isi dari CD tersebut hanyalah 1 file yang berekstensi GHO. Anda tidak dapat melihat isi dari file tersebut tanpa bantuan Ghost Explorer. Dengan bantuan Ghost explorer, Anda dapat melihat file yang ada di dalam file GHO tersebut.

OK sekian dulu tutorialnya, nanti kita lanjutkan pada postingan berikutnya Cara Kloning Install Ulang Cepat Windows XP episode 2, yang akan melanjutkan bagaimana membuat Start Up Disk, dan bagaimana kita melakukan installasi windows cepat pada komputer menggunakan CD kloning tadi.

Bersambung ke epidode 2 (baca di sini)


Baca yang ini juga ya....

4 komentar:

  1. wah makasih mas tulisanny,,beneran tu klo penjual laptop carany gitu,sy jg prnah beli laptop instal cloning gitu,,busyeet dah blue screen mulu mas >,<

    mampir kr blog sy mas..
    http://nabarian.blogspot.com

    BalasHapus
    Balasan
    1. ok...sgera berkunjung ke http://nabarian.blogspot.com

      Hapus
  2. thanks sudah berbagi ilmunya, sukses selalu...

    BalasHapus
  3. Thanks gan,,
    Mampir di https://putrapantura.com

    BalasHapus

reply to comment